Rabu, 05 Juni 2013

Tips Sukses Ber Arung Jeram

 Beberapa tips sukses sebelum ber Arung Jeram,
  • Jangan pakai celana/kaos warna putih, kecuali anda siap pamer isi celana/baju anda..:)
  • Jangan pakai perhiasan seperti kalung, gelang, cincin, dll
  • Bagi yang takut kulitnya tersengat sinar matahari, silahkan pakai baju lengan panjang tapi jangan yang terlalu tebal.  Jika diperlukan pakailah lotion anti matahari
  • Jangan membawa HP/BB pada saat rafting, karena tidak akan ada gunanya.
  • Pastikan membawa kamera, dan lindungi dengan plastic yang kedap air (biasanya plastic obat), titipkan ke pemandu anda supaya lebih aman. Biasanya di beberapa spot pemandu akan berhenti untuk menunggu boat yang lainnya atau istirahat sebentar. Disaat itulah kamera anda bisa sangat berguna.
  • Pakailah alas kaki yang nyaman, terikat dan alasnya tebal. Yang paling cocok adalah sandal gunung, jangan pakai sepatu, sandal jepit apalagi sandal high heel…
  • Perhatikan dan ikuti petunjuk serta perintah dari coordinator pemandu saat briefing sebelumrafting. Dan ikuti aba-aba pemandu boat anda saat rafting.

TIPS TAMBAHAN

Biasanya boat terdiri dari 5-6 peserta + 1 pemandu. Dengan komposisi 3 orang sebelah kiri dan 3 orang sebelah kanan atau sebaliknya. Serta pemandu berada di belakang sebagai kemudi.

Bagi  anda berbadan gemuk, dan bermasalah dengan keseimbangan. Hindari duduk paling depan (kanan atau kiri). Pastikan anda duduk di urutan belakang sebelum pemandu, kenapa begitu ???? kecenderungan untuk jatuh akan lebih besar jika anda berada di depan, dibanding dengan anda berada di belakang. Belum lagi barisan depan akan lebih sering terkena terpaan air saat jeram agak curam.

Bagi anda yang ingin sekali rafting tapi takut akan arus, batu dan bahkan tidak bisa berenang. Tidak perlu kuatir, anda dilengkapi oleh pelampung yang bisa membawa badan anda selalu mengapung. Dan selalu didampingi pendamping yang professional yang akan menjaga anda saat rafting.

Jangan sok jadi pahlawan atau sok bisa, karena rafting adalah team work bukan individu. Pastikan satu sama lain bisa menjaga laju boat dengan dayungan yang sama dan kompak, serta menjaga keseimbangan supaya semua peserta rafting selalu berada di atas boat sampai garis finish.
Judul: Tips Sukses Ber Arung Jeram
Ditulis oleh dreamrafting
Rating Blog 4.5 dari 5