Kamis, 23 Mei 2013

Persiapan Sebelum ber Arung Jeram part II

3). Seberapa sehat saya untuk mengikuti kegiatan arung jeram ? Apakah harus pada kondisi yang prima?

Dalam kegiatan arung jeram selalu menggunakan dayung. Ini artinya anda akan memegang dayung dan melalukan pendayungan saat berada di atas perahu. Anda tentunya harus berada pada kondisi yang sehat dan fit saat mengikuti kegiatan arung jeram. Mendayung dapat menyebabkan kelelahan, tetapi pemandu akan memberikan instruksi pada anda teknik mendayung. Sehingga tidak selamanya saat anda berada diatas perahu akam melakukan pendayungan.
Jika anda merasa ragu dengan kemampuan untuk mengikuti kegiatan arung jeram, atau tentang kesehatan anda, sebaiknya anda melakukan cek kesehatan terlebih dahulu sebelum mengikuti kegiatan arung jeram

4). Apa yang harus saya kenakan saat mengikuti kegiatan arung jeram ?

Hal ini tergantung pada kondisi saat berlangsungnya kegiatan, yaitu suhu air dan cuaca. pada Cuaca yang panas dengan suhu air yang dingin, disarankan untuk mengenakan wet suit. Pada cuaca yang dingin dan suhu air yang dingin, serta pada sungai class V, kenakan wet suit yang dikombinasi dengan jaket yang khusus untuk kegiatan arung jeram. Dianjurkan pula untuk mengenakan pakaian dari bahan synthetic fleece, polypro, capilene atau wool pada bagian dalamnya. Jangan mengenakan pakaian dari bahan katun karena akan membuat anda kedinginan.

Pada cuaca yang hangat dan suhu air yang tidak terlalu dingin, sebaiknya kenakan pakaian olahraga dan T-Shirt. Jangan lupa untuk memakai sunscreen, tetapi jangan gunakan dikening karena saat terkena air akan berbahaya bila terkena mata anda, atau menggunakannya pada kaki bagian belakang, hal ini dapat menyebabkan anda terpeleset. Kenakan pula sepatu olahraga atau sepatu jogging, atau bila anda memiliki sepatu khusus untuk kegiatan arung jeram akan lebih baik lagi. Tidak dianjurkan mengenakan sandal, karena tidak memberikan banyak proteksi bahkan sedikit menyulitkan bila dipakai berenang. Untuk anda yang berkacamata, disarankan untuk memberikan pengait/tali pada kacamata anda agar tidak mudah terlepas.

5). Saya belum pernah mengikuti kegiatan arung jeram. Sungai dengan tingkat kesulitan manakah yang cocok untuk saya?

Sebagai awal, mulailah pada sungai dengan tingkat kesulitan class II atau class III. Jika anda merasa yakin dengan kemampuan yang anda miliki, sehat dan haus akan tantangan, anda dapat mencoba sungai dengan tingkat kesulitan class IV, meskipun belum memiliki pengalaman sebelumnya. Karena pemandu akan melatih anda terlebih dahulu dan menjelaskan bagaimana cara penyelamatan di sungai serta teknik mendayung.
Sedang untuk sungai dengan class V, anda harus memiliki pengalaman pengarungan sungai dengan tingkat kesulitan class IV terlebih dahulu

6). Saya memiliki keluarga dengan anak yang masih kecil. Dapatkah mereka mengikuti kegiatan arung jeram ?

Banyak operator arung jeram menawarkan paket arung jeram keluarga, dimana anda dapat membawa serta anak anda walau masih berumur 6 tahun. Setiap sungai yang dikelola secara komersil oleh operator arung jeram memiliki paket-paket dengan batas minimal umur peserta kegiatan, seperti 6 tahun, 10 tahun atau 14 tahun.
Kontak operator arung jeram yang menawarkan paket keluarga tersebut, dan tanyakan umur minimal peserta yang boleh mengikuti kegiatan tersebut.

bersambung ke artikel berikutnya klik disini..
Judul: Persiapan Sebelum ber Arung Jeram part II
Ditulis oleh dreamrafting
Rating Blog 4.5 dari 5