Sabtu, 25 Mei 2013

Persiapan Sebelum ber Arung Jeram part III

7). Saya seorang yang cukup berumur. Dapatkah saya mengikuti kegiatan arung jeram ?

Untuk kesehatan, orang tua yang masih aktif dan berumur lebih dari 60 tahun masih boleh mengikuti kegiatan arung jeram. Sebagai langkah awal, cobalah pengarungan pada sungai dengan tingkat kesulitan class I-II. Selanjutnya tergantung pada apa yang dirasakan setelah melakukan pengarungan tersebut. Anda boleh mencoba pengarungan pada sungai dengan tingkat kesulitan class III. Karena cukup banyak peserta yang berumur 60-an sampai 70-an menikmati kegiatan arung jeram, tentunya pada sungai-sungai dengan tingkat kesulitan rendah.

8). Apa yang terjadi pada paket pengarungan khusus? Bagaimana pengaturan perahunya?

Anda akan bertemu dengan pimpinan perjalanan (Trip Leader) pada waktu dan tempat yang telah ditentukan oleh operator arung jeram yang anda hubungi. Kemudian anda akan menaiki kendaraan yang telah disiapkan untuk menuju titik start pengarungan. Saat menuju ke lokasi start, Trip Leader akan menjelaskan pada anda beberapa informasi penting seperti keselamatan saat berarung jeram. Umumnya informasi ini disampaikan selama 20 menit. Selanjutnya anda akan menuju perahu yang memuat 6-8 orang dan seorang pemandu. Pemandu yang menyertai tersebut akan memberikan instruksi lanjutan tentang cara memegang dayung dan menggunakannya saat pengarungan, dan bagaimana mengikuti perintah yang dia berikan. Selanjutnya anda akan melakukan pengarungan sampai dengan titik finish.

9). Berapa besar kemungkinan saya terlempar dari perahu? Dan apa yang harus saya lakukan jika saya terlempar?

Percaya atau tidak, banyak orang yang menyukai saat terlempar keluar dari perahu! Ini sangat mengasyikkan. Pada awalnya memang dapat menyebabkan disorientasi dan sedikit kewalahan. Namun banyak pula orang yang sudah berkali-kali mengikuti kegiatan arung jeram dan tidak pernah terlempar keluar perahu. Beberapa orang hanya berenang pada pengarungan pertama mereka karena tidak mampu naik kembali keatas perahu atau karena tertinggal jauh dari perahu yang melemparkannya. Ini adalah bagian dari sebuah kegiatan arung jeram.
Sebelum anda memulai pengarungan, anda akan diberikan instruksi apa yang harus anda lakukan jika anda terlempar keluar dari perahu, dan bagaimana berusaha agar tetap aman. Ikuti semua instruksi pemandu anda, dan jika anda tetap terlempar keluar perahu, maka berenang akan lebih mengasyikan dalam pengarungan anda!

10). Bolehkan saya membawa kamera atau video kamera?

Kami tidak menganjurkan anda untuk membawa video kamera, atau kamera mahal saat pengarungan. Karena akan mudah rusak bila terkena air dan ini akan merugikan anda, kecuali jika anda memiliki kamera khusus untuk kegiatan outdoor yang tentunya dirancang agar anti air. Pada beberapa perusahaan operator arung jeram, mereka telah menyiapkan photographer yang akan mengabadikan kegiatan pangarungan anda yang selanjutnya dapat dilihat atau dipesan setelah selesai pengarungan.

11). Haruskah saya memberikan tips pada pemandu saya?

Pemberian tips bukanlah sesuatu yang diharapkan, tapi tentunya akan sangat dihargai oleh pemandu, yang telah bekerja keras dalam memandu anda, membuat anda gembira dan juga membuat anda aman selama pengarungan. Jika anda merasa pemandu anda telah melakukan pekerjaan dengan baik, menyenangkan anda dan berbagi pengalaman yang menakjubkan selama pengarungan …
Judul: Persiapan Sebelum ber Arung Jeram part III
Ditulis oleh Arung Jeram Dreamliner Adventure
Rating Blog 4.5 dari 5