Rabu, 22 Mei 2013

Persiapan Sebelum ber Arung Jeram

Sebelum melakukan kegiatan Arung Jeram, mungkin ada beberapa pertanyaan yang sering terjadi, seperti:

1. Apakah yang dibawa pas waktu arung jeram?
2. Semisal  tidak dapat berenang, dapatkah saya bias mengikuti arung jeram ?
3. Penderita penyakit apa yang tidak diperkenankan untuk arung jeram ?
4. Apa yang harus saya kenakan saat mengikuti kegiatan arung jeram ?
5. Saya belum pernah mengikuti kegiatan arung jeram. Mana sungai yang cocok buat pemula?
6. Saya memiliki keluarga dengan anak yang masih kecil. Dapatkah mereka mengikuti kegiatan arung jeram ?




Dibawah ini penjelas-penjelasan tentang ber arung jeram yang aman :

1). Apakah kegiatan arung jeram aman?


Arung jeram adalah kegiatan yang menggairahkan, mengasyikkan, sedikit liar dan menyenangkan. Seperti pada kegiatan petualangan lainnya, arung jeram tetap memiliki resiko dan bahaya. Namun resiko tersebut justru menambah semangat dan menjadi perangsang bagi para penggiat kegiatan ini, sehingga bukan menjadi alasan mengapa orang-orang tidak menyukai kegiatan arung jeram.
Seorang pemandu arung jeram (skipper/kapten) yang telah berpengalaman akan berusaha untuk meminimalisasi resiko dan bahaya. Bahkan secara statistik, anda akan lebih aman mengikuti kegiatan arung jeram dibandingkan dengan berkendara didalam kota. Seorang pegawai pemerintahan di Amerika mengutarakan pada suatu penelitian, bahwa angka kecelakaan untuk kegiatan arung jeram masih jauh dibawah sepak bola! Namun tentu saja masih ada resiko dan anda harus menerima resiko tersebut saat berada di sungai.

2). Saya tidak dapat berenang, dapatkah saya mengikuti kegiatan arung jeram ?

Setiap orang yang mengikuti kegiatan arung jeram yang telah dikelola secara komersil akan selalu mengenakan pelampung (Life Jacket) yang memiliki daya apung tinggi. Pelampung ini akan tetap menjaga anda berada diatas permukaan air, bahkan pada saat anda terlempar dari perahu dan tercebur ke sungai.
Banyak orang yang tidak dapat berenang mengikuti kegiatan arung jeram dan mereka sangat menikmatinya. Yang paling penting adalah anda tidak panik saat terlempar dari perahu dan tercebur ke sungai. Namun orang yang tidak dapat berenang tidak dianjurkan mengikuti kegiatan arung jeram pada sungai yang memiliki tingkat kesulitan class IV atau class V, dan cukuplah menikmati jeram dengan mengenakan pelampung pada sungai dengan tingkat kesulitan class II – class III.

bersambung ke artikel berikutnya klik disini..
Judul: Persiapan Sebelum ber Arung Jeram
Ditulis oleh Arung Jeram Dreamliner Adventure
Rating Blog 4.5 dari 5